11 Agustus 2012

Cerita Ramadhan



Libur Lebaran kemarin adalah libur lebaran saya yang tersingkat. Jika teman teman sudah pada mulai mudik pada hari Jum'at 26 Agustus 2011, kala itu saya memilih untuk mudik mepet menjelang Lebaran. Tepatnya 29 Agustus 2011 yaitu sehari sebelum lebaran, lebih tepatnya malam takbiran lebih tepatnya lagi baru tiba dirumah ortu pukul 20.30............sebentaran kemudian gw udah ZZZ..zzz.....zzz eh besoknya sudah Hari Raya Idul Fitri deh. Ada dua alasan kenapa saya memilih untuk mudik mepet hari. Alasan pertama adalah saya ingin konsentrasi menjalankan ibadah ramadhan serta ingin ber-i'tikaf pada malam malam ganjil di 10 malam akhir Ramadhan. Loch kok gitu sih?? jadi dikampung saya ndak pernah ada kegiatan i'tikaf. Selain itu saya takut kurang bisa konsentrasi menjalankan ibadah dirumah karena kata kata "ajaib" yang waktu itu jadi momok besar buat saya "KAPAN NIKAH'. Dueeeengg.... dan kata kata itu pula yang menjadi alasan kedua kenapa saya memilih mudik mepet Hari raya. Hehehehe....

Alkisah, setahun belakang kata kata itu bagaikan hantu buat saya. Ortu, sodara, tetangga, teman teman dikampung selaluuuu aja menanyakan pertanyaan yang ndak kreatif itu....sighh. Oleh karena itu daripada saya dirongrong oleh pertanyaan itu, mending berlama lama di Jakarta aja dan sebentaran aja di kampungnya (03 September 2011, pukul 07.00 WIB saya sudah balik ke Jakarta). Terus terang waktu itu saya sudah mulai pusing dengan cecaran pertanyaan itu, bahkan udah entah berapa liter air mata yang sudah saya tumpahkan (lebay dikit deh).

Trus gimana pengalaman pertama telat mudik. Ternyata sodara sodara Jakarta saaaaangatttt suuueeepiiiii, jalanan lengang mau kemana mana tinggal war wer kayak naik sepeda motor dikampung. Saking sepinya warung warung juga sudah banyak yang tutup apalagi 2 hari jelang Idul Fithri. Akhirnya saya jadi anak mol...makan siang makan malem di Mol....loch kok makan siang sih? kebetulan saat itu sedang bocor padahal saat itu niatnya mau I'tikaf malam 29 di Masjid Al-Hakim Menteng. Akhirnya mau tak mau saya ngejogrog di kos sendirian, becoz yang lain dah pada mudik (tumben tumbenan gw berani banget bo!). Planning saya waktu itu malam hari saya tidur di masjid dan siang hari tidur di kost...hh dilalah rencana Allah lain.

Karena bosan di kos sendirian, akhirnya saya memutuskan untuk berangkat awal menuju bandaranya. Padahal Flight saya jam 17.45 tapi saya sudah keluar kos pukul 13.00 WIB. Oh iya, waktu itu saya ndak bawa koper lagi mengingat masa liburan yang pendek. Waktu itu saya memilih carrier untuk menampung perbekalan mudik. Sudah bisa ditebak jalanan lancar jaya. Perjalanan bus Damri Pasar Minggu-Soetta cuma perlu waktu 30 menit saja kawan kawan dari normal 1,5-2 jam perjalanan. Akhirnya saya nongkrong di bandara selama 5,5 jam karena saat itu flight delay baru bisa terbang pada pukul 19.30 WIB (biasanya emang baru terbang jam segini sih).

Ada hal konyol lagi yang terjadi ketika pesawat take off. Untuk pertama kalinya saya merasa berat sekali untuk pulang....dan akhirnya kecengengan saya kambuh dan mewek meweklah saya. Untung waktu itu duduk dekat jendela dan pas take off lampunya kan dipadamin. Bisa dibilang saat itu saya benar benar rapuh dan udah ngga kuat lagi dengan rongrongan pertanyaan itu. Tapi perjalanan satu jam tersebut cukup cukup spesial, kenapa spesial? Karena saat itu dari atas saya bisa melihat pesta kembang api di daratan Jakarta lochh dan itu kereennn banget pun ketika mau landing. Jadi begitulah cerita Ramadhan saya yang nano nano.

Ceritanya sih sudah basi banget kali ya, tapi tiba tiba aja kepingin cerita tentang Bulan Ramadhan 1431 H. Bulan Ramadhan yang lalu saya masih tinggal di Jakarta, seperti biasa masih dipusingkan dengan kegiatan mencari tiket mudik gitu deh. Ada yang konyol banget dari kebiasaan mudik saya kala itu. Saya sudah hampir lima tahun tinggal di jakarta jadi sudah lima kali juga melakukan kegiatan mudik. Nah 4 acara mudik sebelumnya saya selalu mengambil jatah libur maksimal bahkan sampai lebih dari jadwal yang ditetapkan kantor (rekor 10 hari). Tapi ada yang beda dengan libur mudik tahun kemarin....aduuhh sebenarnya saya malu juga nih nyeritainnya....xixixixi.

1 komentar:

  1. Dan neverending question untuk tahun ini adalah:
    Udah isi?
    Kapan nih?
    Udah?
    Kok belom?
    Kapan?

    *DHUARRR*

    BalasHapus