4 Juli 2011

DE HEL VAN '63

Category:Movies
Genre: Action & Adventure

Kisah dalam film ini berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi pada perlombaan Elfstedentocht (marathon ice skating) tahun 1963. Film petualangan karya sutradara Fries-Belanda Steven de Jong ini bercerita tentang perjuangan para ice skater yang harus menempuh kondisi yang sulit luar biasa dalam perlombaan marathon ice skating. Setiap peserta harus menempuh perjalanan sepanjang 200 km di sungai dan danau beku yang berada di Frysian Cities ( Friesland Cities), dan harus mendapatkan stempel di masing masing kota tersebut. Pada tahun tersebut suhu mencapai rekor terendah yaitu minus 19 derajat sepanjang perlombaan Elfstedentocht.

Diantara ribuan peserta yang berhasil memperoleh bukti/perijinan untuk start terdapat seorang seorang perajurit bernama Henk, Sjoerd seorang anak petani, Kees seorang buruh dan Annemik seorang paramedik. Keempat orang ini memiliki misi dan motivasi masing masing untuk bisa mencapai garis finish. Kisah perjuangan keempat peserta ini juga diselingi oleh pers dan ketegangan dewan pengawas perlombaan dalam ruang sidang. Dewan pengawas ini harus senantiasa mengamati perkembangan kondisi selama perlombaan, tugasnya untuk memutuskan melanjutkan perlombaan atau tidak, karena saat itu cuaca sangat ekstrim yaitu dengan temperatur minus 19 derajat Celcius, banyak retakan berbahaya pada permukaan es dan banyak bukit salju serta tiupan angin kencang.

Pada perlombaan tersebut tak banyak yang mencapai garis finish, rata rata karena kedinginan atau terluka karena kecelakaan. Perlombaan ini ama prestisius karena siapa saja yang bisa melalui garis finish, maka masa depan mereka akan berubah. Bagaimanakah dengan nasib keempat peserta tersebut, apakah mereka semua bisa bertahan hingga garis finish dan menyelesaikan misi mereka?

Film De Hel Van '63 adalah film Belanda yang pertama kali saya tonton di Erasmus Huis, yaitu pada bulan Februari. Dilog film dalam bahasa Belanda, dengan subtitle bahasa Inggris. Namun jangan khawatir jika kemampuan bahasa Inggris terbatas seperti saya, cukup perhatikan dengan seksama aksi aksi gila warga Belanda ini.

1 komentar:

  1. I want a color TV! Hahaha..

    A highly recommended movie, indeed.

    BalasHapus